Computer Supported Cooperative Work
(CSCW)
CSCW adalah sebuah istilah generik
yang menggabungkan pengertian bagaimana orang bekerja dalam sebuah kelompok
dengan teknologi pendukung berupa jaringan komputer, perangkat keras, perangkat lunak terkait, layanan, dan teknik. Istilah Computer
Supported Cooperative Work (CSCW) pertama kali digunakan oleh
Irene Greif dan Paul M. Cashman pada tahun 1984, pada sebuah
workshop yang dihadiri oleh mereka yang tertarik dalam menggunakan teknologi
untuk memudahkan pekerjaan mereka. Pada kesempatan yang sama pada tahun 1987, Dr. Charles
Findley mempresentasikan konsep collaborative learning work. Menurut, CSCW
mengangkat isu seputar bagaimana aktivitas-aktivitas kolaboratif dan koordinasi
di dalamnya dapat didukung teknologi komputer. Beberapa orang menyamakan CSCW
dengan groupware, namun yang
lain mengatakan bahwa groupware merujuk kepada wujud nyata dari sistem berbasis
komputer, sedangkan CSCW berfokus pada studi mengenai kakas dan teknik dari
groupware itu sendiri, termasuk didalamnya efek yang timbul baik secara
psikologi maupun sosial.
(dalam Wikipedia)
Computer Supported Cooperative Work (CSCW) menyebarluaskan hasil
penelitian yang inovatif dan memberikan sebuah forum interdisipliner untuk
perdebatan dan pertukaran gagasan tentang teori, masalah-masalah praktis,
teknis, dan sosial di CSCW. Jurnal meliputi sifat beragam penelitian dalam bidang dan daerah yang terkait. Cakupan berkisar dari studi etnografi kerja koperasi untuk laporan pada pengembangan sistem CSCW dan yayasan teknologi mereka. Salah
satu contoh sistem CSCW ini adalah electronic mail (email). Email merupakan
sistem CSCW yang bersifat asynchronous yang tidak mengharuskan
user bekerja pada waktu yang bersamaan. Penerima mail tidak harus membuka
suratnya pada waktu yang sama dengan terkirimnya surat. (dalam tulisan Jettira . V, tugas 6 dan 7, mata pelajaran
interaksi manusia dan computer, pengertian Computer Supported Cooperative Work /CSCW)
Adapun salah satu
bentuk umum konseptualisasi sistem CSCW adalah dengan mengamati konteks dari
penggunaan sistem tersebut. Contohnya adalah matriks CSCW, yang diperkenalkan
pertama kali pada tahun 1988 oleh Johansen; dan juga muncul pada. Matriks
dimaksud membagi konteks sebuah "work" ke dalam dua dimensi yakni
waktu dan lokasi. Dimensi waktu dibagi menjadi kolaborasi yang dilakukan pada
waktu yang bersamaan (sinkron), atau berbeda (asinkron). Dimensi lokasi dibagi
menjadi kolaborasi yang dilakukan pada tempat yang sama, atau tempat yang
terdistribusi. (dalam
Wikipedia)
Selain itu adapula tiga fungsi teori
percakapan dalam CSCW, antara lain yaitu:
1.
Digunakan
untuk menganalisa catatan (transkrip), misalnya konferensi elektronik. Ini akan
membantu memahami seberapa baik partisispan menyalin dengan komunikasi
elektronik.
2.
Digunakan
sebagai petunjuk untuk keputusan desain.pemahaman percakapan normal
antarmanusia menghindari kesalahan besar dalam perancangan media elektronik.
3.
Dapat
digunakan untuk mengarahkan desain, menstrukturkan struktur dengan teori.
(dalam tulisanAsep T. N., tugsa 6
dan 7 softskill interaksi manusia dan computer, pengertian Computer Supported Cooperative Work /CSCW)
Sumber:
http://asepbikers.blogspot.com/2010/04/pengertian-computer-supported.html
Silahkan kunjungi....
Dila
Farid
Ulfah
Silahkan kunjungi....
Dila
Farid
Ulfah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar