Selasa, 28 Januari 2014

Psikologi dan Teknologi Internet (tugas ke 4) - bagian 1

Computer Supported Cooperative Work  (CSCW)


CSCW adalah sebuah istilah generik yang menggabungkan pengertian bagaimana orang bekerja dalam sebuah kelompok dengan teknologi pendukung berupa jaringan komputer, perangkat keras, perangkat lunak terkait, layanan, dan teknik. Istilah Computer Supported Cooperative Work (CSCW) pertama kali digunakan oleh Irene Greif dan Paul M. Cashman pada tahun 1984, pada sebuah workshop yang dihadiri oleh mereka yang tertarik dalam menggunakan teknologi untuk memudahkan pekerjaan mereka. Pada kesempatan yang sama pada tahun 1987, Dr. Charles Findley mempresentasikan konsep collaborative learning work. Menurut, CSCW mengangkat isu seputar bagaimana aktivitas-aktivitas kolaboratif dan koordinasi di dalamnya dapat didukung teknologi komputer. Beberapa orang menyamakan CSCW dengan groupware, namun yang lain mengatakan bahwa groupware merujuk kepada wujud nyata dari sistem berbasis komputer, sedangkan CSCW berfokus pada studi mengenai kakas dan teknik dari groupware itu sendiri, termasuk didalamnya efek yang timbul baik secara psikologi maupun sosial. (dalam Wikipedia)
Computer Supported Cooperative Work (CSCW) menyebarluaskan hasil penelitian yang inovatif dan memberikan sebuah forum interdisipliner untuk perdebatan dan pertukaran gagasan tentang teori, masalah-masalah praktis, teknis, dan sosial di CSCW. Jurnal meliputi sifat beragam penelitian dalam bidang dan daerah yang terkait. Cakupan berkisar dari studi etnografi kerja koperasi untuk laporan pada pengembangan sistem CSCW dan yayasan teknologi mereka. Salah satu contoh sistem CSCW ini adalah electronic mail (email). Email merupakan sistem CSCW yang bersifat asynchronous yang tidak mengharuskan user bekerja pada waktu yang bersamaan. Penerima mail tidak harus membuka suratnya pada waktu yang sama dengan terkirimnya surat. (dalam tulisan Jettira . V, tugas 6 dan 7, mata pelajaran interaksi manusia dan computer, pengertian Computer Supported Cooperative Work /CSCW)
Adapun salah satu bentuk umum konseptualisasi sistem CSCW adalah dengan mengamati konteks dari penggunaan sistem tersebut. Contohnya adalah matriks CSCW, yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 1988 oleh Johansen; dan juga muncul pada. Matriks dimaksud membagi konteks sebuah "work" ke dalam dua dimensi yakni waktu dan lokasi. Dimensi waktu dibagi menjadi kolaborasi yang dilakukan pada waktu yang bersamaan (sinkron), atau berbeda (asinkron). Dimensi lokasi dibagi menjadi kolaborasi yang dilakukan pada tempat yang sama, atau tempat yang terdistribusi. (dalam Wikipedia)
Selain itu adapula tiga fungsi teori percakapan dalam CSCW, antara lain yaitu:
1.      Digunakan untuk menganalisa catatan (transkrip), misalnya konferensi elektronik. Ini akan membantu memahami seberapa baik partisispan menyalin dengan komunikasi elektronik.
2.      Digunakan sebagai petunjuk untuk keputusan desain.pemahaman percakapan normal antarmanusia menghindari kesalahan besar dalam perancangan media elektronik.
3.      Dapat digunakan untuk mengarahkan desain, menstrukturkan struktur dengan teori.
(dalam tulisanAsep T. N., tugsa 6 dan 7 softskill interaksi manusia dan computer, pengertian Computer Supported Cooperative Work /CSCW)

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar